Jumat, 21 Oktober 2011

Tugas Reviewed 24

LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING:
Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the 8th Grade Students of
Indonesian Junior High School
Marsigit, Mathilda Susanti, Elly Arliani
Yogyakarta State University, Indonesia

By: Dr.Marsigit, M.A.
Reviewed By : Jeffri Tri Agung Prakosa
Peneliti melakukan penelitian dalam mengungkap upaya dan usaha siswa dalam mengembangkan mitode matematis untuk mempelajari luas suatu silinder lingkaran tegak dan volume kerucut dan bola pada siswa kelas 8 SMP. Penelitiannya dilakukan untuk mengembangkan berfikir induktif, deduktif, analogi, abstrak, sederhana, khusus, dan dapat mengexpresikannya kedalam bentuk angka dan jumlah. Brdasarkan Keputusan Menteri nomor 22, 23, 24 tahun 2006 pemerintah menetapkan kurikulum KTSP unruk sekolah dasar dan menengah. Tetapi di sekolah yg diteliti menggunakan kurikulum yang menggabungkan 2 paradigma. Sekolah Menengah Pertama Kurikulum berbasis matematika bahwa tujuan belajar matematika adalah
1.      Memahami Konsep Matematika
2.      Mengembangkan kemampuan berfikir dalam mengenbangkan pola dan karakteristik matematika.
3.      Mengembangkan Kemampuan unruk memecahkan masalah
4.      Mengkomunikasikan dengan symbol-simbol matematika
5.      Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Katagiri, S. (2004) menjabarkan bahwa pemikiran matematis yang terkait dengan metode matematika adalah berpikir induktif, analogi, deduktif, integratif (termasuk berpikir luas), perkembangan berpikir, abstrak, berpikir khusus, dapat mengekspresikan dengan simbol, angka, dan jumlah. Adapun bebarapa pertanyaan untuk memunculkan pemikiran matematis.
1.      Apakah yang sama ? Apa yang penting ? (Abtraksi)
2.      Berikan Contoh. (Konsentrasi)
3.      Apakah ini dapat dinyatakan dengan angka ? (kuantitatif)
4.      Mengapa ini selalu bernulai benar ? (Logis)
5.      dll.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan pola berfikir matematis siswa dalam pengitungan Luas tabung, bola, dan volume kerucut. Penelitian di SMP NEGERI DEPOK II, Yogyakarta, Indonesia. Pelajaran yang dilakukan meliputi mengidentifikasi luas total suatu tabung, yang kedua mengidentifikasi bagian bidang bola, dan menentukan rumus volume kerucut dari mengidentifikasi bagian-bagian kerucut. Pengajaran dilakukan dengan mengajak siswa langsung mengenali bentuk-bentuk dari selinder, bola dan kerucu sehingga siswa dapat mengerti dengan jelas bagian-bagian dari silinder, kerucut dan bola. Dari penelitian ini guru diharapkan dapat dengan baik mempromosikan mitode matematika dalam perhitungan luas tabung, bola, dan volume kerucut. Siswa sebaiknya dekenalkan langsung dengan objek-objek yang berbentuk silinder, bola dan kerucut. Siswa diajarkan untuk mengidentifikasi bagian-bagian tabung, bola, dan kerucut. Siswa diajarkan konsep-konsep tabung, bola, dan kerucut, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan unyuk mengetahui pemahaman siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar