Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia
By : Dr.Marsigit, M.A.
Reveiwed by : Jeffri Tri Agung Prakosa
Seorang guru pasti selalu mempunyai buku panduan untuk mengajar para muridnya. Buku tersebut tidak lain lagi adalah buku pelajaran. Penggunaan buku pelajaran dengan baik dan tepat dapat menunjang pengembangan profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar. Di Indonesia terdapat banyak sekali buku-buku pelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar mereka.
Proses pembelajaran di insonesia sebenarnya dapat dikembangkan dengan berbagai cara, tidak hanya dengan mitode ceramah yang biasa digunakan oleh kebanyakan guru yang ada di Indonesia. Pengembangan yang berasal dari pengalaman guru meliputi motivasi, teori, pengalaman di masyarakat, sikap, praktek, dan pengalaman individu. Adapun beberapa cara mengembangkan cara mengajar pada kegiatan belajar mengajar :
1. Perencanaan dalam pembelajaran, meliputi materi yang akan disampaikan.
2. Pengelolaan kelas dengan baik
3. Membangun kemampuan para siswa
4. Mengguanakan semua fasilitas dengan baik dan benar.
5. Mengembangkan kemampuan TIK dan keterampilan
Dengan begitu suatu pembelajaran akan lebih berarti dan ti dak monoton seperti kebanyakan yang terjadi si sekolah-sekolah di Indonesia.
Buku pelajaran sangat penting bagi pengembangan proses pembelajaran , adapun beberapa aspek dari pengenbangan buku pelajaran :
1. Kebijakan untuk mempublikasikan buku-buku pelajaran sehingga siswa dapat mengerti buku yang baik.
2. Pengembangan buku pelajaran untuk guru
3. Pengembangan buku pelajaran untuk siswa
4. Penyediaan Buku pelajaran
Di Indonesia pemerintah membelikan kebijakan-kebijakan tentang buku pelajaran adapun kebijakan tersebut :
1. Tidak adanya monopoli perdagangan dalam penyediaan buku pelajaran.
2. Sekolah bebas memilih dalam penggunaan buku pelajaran
3. Para siswa bebas untuk memilih buku pelajaran yang ingin digunakan, dan bebas memilih untuk beli dimana.
4. Guru dilarang menjual buku pelajaran
5. Sekolah diwajibkan menyediakan buku bagi siswa kurang mampu
6. Departemen pendidikan memiliki hak untuk menyalin dan mempublikasi buku pelajaran tetapi dengan harga yang lebih rendah.
7. Departemen pendidikan mendorong Setiap kabupaten untuk memiliki toko buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar